Tautan-tautan Akses

Gubernur Washington Ampuni Kejahatan Narkotika


Gubernur negara bagian Washington, Jay Inslee, memberikan keterangan kepada media di gedung Capitol, Olympia, Washington, 4 Januari 2019.
Gubernur negara bagian Washington, Jay Inslee, memberikan keterangan kepada media di gedung Capitol, Olympia, Washington, 4 Januari 2019.

Negara bagian Washington akan membuat sistem yang efisien untuk mengampuni orang yang dihukum karena pelanggaran kepemilikan mariyuana sebelum narkotika itu legal, berdasar prakarsa yang diluncurkan hari Jumat (4/1) oleh Gubernur Jay Inslee, yang mempertimbangkan mencalonkan diri menjadi presiden Amerika.

Pemilih di negara bagian Washington dan Colorado pada tahun 2012 menjadikan kedua negara bagian mereka yang pertama di Amerika yang melegalkan mariyuana untuk kesenangan. Sejak itu, delapan negara bagian lain mengikuti, sedangkan lebih dari 30 negara bagian membolehkan penggunaan mariyuana untuk medis. Undang-Undang federal masih melarang ganja.

Berdasar prakarsa gubernur yang disebut Marijuana Justice Initiative tersebut, siapa pun dengan satu hukuman pelanggaran mariyuana di negara bagian Washington antara tahun 1998 dan 2012 bisa mengajukan pengampunan.

Diperkirakan 3.500 orang memenuhi syarat, menurut kantor Inslee.

Sebagian orang yang pernah dihukum kesulitan dalam melamar pekerjaan dan menyewa rumah.

Kesenjangan ras dalam tuntutan pelanggaran mariyuana merugikan kulit hitam Amerika dan minoritas lain. Organisasi hak-hak sipil mendesak politisi mengangkat masalah itu. [ka]

XS
SM
MD
LG