Tautan-tautan Akses

Gempa Kuat Hantam Hokkaido, Jepang


Rumah-rumah yang rusak akibat tanah longsor dan gempa bumi, di kota Atsuma, pulau Hokkaido, Jepang utara di Jepang, 6 September 2018. (Foto: dok).

Sebuah gempa kuat mengguncang pulau utama Jepang yang terletak paling utara, Hokkaido, Kamis malam (21/2). Belum ada laporan mengenai cedera dan kerusakan yang ditimbulkannya.

Gempa itu menghantam bagian barat daya Hokkaido pada kedalaman sekitar 30 kilometer dan berkekuatan 5,7 Skala Richter (SR), menurut Badan Meterologi Jepang. Badan itu memperkirakan, tidak akan ada tsunami menyusul gempa itu.

Juru bicara pemerintah Yoshihide Suga mengatakan pada sebuah konferensi pers bahwa belum ada laporan mengenai adanya kerusakan hebat namun satuan tugas darurat telah dibentuk di Kantor Perdana Menteri Jepang.

Ia juga mengatakan, tidak ada perubahan yang teramati pada instalasi-instalasi nuklir di kawasan tersebut.

Kantor berita NHK memperingatkan kemungkinan terjadinya tanah longsor menyusul gempa itu. Kawasan yang sama dihantam gempa berkuatan 6,7 SR pada September lalu yang memicu puluhan bencana tanah longsor dan mengakibatkan lebih dari 40 orang tewas. Puluhan orang lainnya dikabarkan terluka dalam bencana itu.

Jepang adalah salah satu kawasan yang paling rawan terkena gempa dan tsunami di dunia. Pada 11 Maret 2011, gempa berkutan 9,0 SR menghantam pantai timur laut, dan mengakibatkan tsunami yang menewaskan lebih dari 18.000 orang, dan memicu bencana nuklir di instalasi listrik tenaga nuklir Fukushima. [ab]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG