Tautan-tautan Akses

AS

Gempa di Lepas Pantai Alaska Picu Kekhawatiran Tsunami


Palabuhan Sand Point, Alaska. (Foto: AP)

Gempa berkekuatan 7,5 SR mendorong dikeluarkannya peringatan tsunami pada hari Senin (19/10) untuk daerah pesisir selatan Alaska yang panjangnya sekitar 1.600 km. Ketika ancaman tsunami mereda, komunitas di sana masih melihat gelombang dengan ketinggian lebih dari setengah meter.

Gempa berpusat di dekat Sand Point, kota berpenduduk sekitar 900 orang di lepas Semenanjung Alaska. Pusat Peringatan Tsunami Nasional mengatakan tinggi gelombang yang terjadi pada Senin (19/10) malam mencapai lebih dari setengah meter. Peringatan itu diturunkan menjadi pemberitahuan lebih dari dua jam setelah gempa melanda, dan dicabut Senin malam.

Menurut Pusat Gempa Alaska, gempa terjadi di bagian utara Samudra Pasifik sebelum pukul 1 siang, berpusat sekitar 118 km tenggara Sand Point. Gempa tercatat pada kedalaman 30 km.

Gempa itu dirasakan secara luas di komunitas-komunitas di sepanjang pesisir selatan, termasuk Sand Point, Chignik, Unalaska dan Semenanjung Kenai, menurut Pusat Gempa Alaska. Badan itu mengatakan gempa susulan berkekuatan 5,2 dilaporkan 11 menit kemudian, berpusat kira-kira di daerah yang sama. [ka/ab]

XS
SM
MD
LG