Tautan-tautan Akses

Gempa Berkekuatan 7,4 SR Guncang Meksiko Selatan


Reaksi warga setelah gempa mengguncang Mexico City, Meksiko, 23 Juni 2020.

Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter mengguncang Meksiko Selatan pada Selasa (23/6), menewaskan sedikitnya dua orang dan menghancurkan beberapa bangunan.

Pusat gempa berada dekat resor Huatulco di pesisir Pasifik dan dirasakan sampai Kota Mexico City yang berjarak hampir 700 kilometers jauhnya. Gempa menyebabkan gedung-gedung terguncang dan ribuan penduduk lari keluar ke jalanan.

Sebagian besar rumah hanya mengalami kerusakan kecil, dengan jendela pecah dan dinding yang runtuh. Namun pihak berwenang mengatakan satu orang tewas ketika sebuah bangunan di Huatulco runtuh, dan yang kedua juga tewas karena sebuah rumah roboh di desa pegunungan San Juan Ozolotepec.

Perusahaan minyak milik negara, Pemex mengatakan, gempa itu menyebabkan kebakaran di kilang minyak Salina Cruz, tetapi dengan cepat dipadamkan.

Setidaknya 140 gempa susulan telah dirasakan.

Ahli geologi mengatakan, Meksiko selatan merupakan tempat bertemunya empat lempeng tektonik, sangat rentan terhadap gempa bumi yang kuat. Gempa berkekuatan 8,0 pernah melanda daerah itu pada 1985, yang menewaskan lebih dari 10 ribu orang. [ps/pp]

Recommended

XS
SM
MD
LG