Tautan-tautan Akses

Gempa 6,5 SR Guncang Puerto Rico di Tengah Aktivitas Seismik


Sebuah rumah yang rusak berat akibat gempa yang mengguncang Guanica, Puerto Rico, 7 Januari 2020.

Gempa bumi berkekuatan 6,5 pada skala Richter melanda Puerto Rico sebelum fajar pada hari Selasa (7/1). Gempa itu adalah yang terbesar dalam serangkaian gempa yang telah melanda wilayah protektorat Amerika itu dalam beberapa hari terakhir dan menyebabkan kerusakan parah di beberapa daerah.

Peringatan tsunami awalnya dikeluarkan untuk Puerto Rico dan Kepulauan Virgin Amerika, tetapi Victor Huerfano, direktur Jaringan Seismik Puerto Rico, mengatakan kepada WAPA TV bahwa tidak ada risiko tsunami.

Otoritas Tenaga Listrik melaporkan pemadaman listrik di seluruh pulau itu.

Survei Geologi Amerika mengatakan gempa terjadi pada pukul 4:24 pagi di bagian selatan pulau itu pada kedalaman 10 kilometer.

Tidak ada laporan langsung tentang korban cedera atau kerusakan tetapi pemadaman listrik mempersulit upaya untuk mendapatkan informasi.

Gempa berkekuatan 5,8 yang melanda Senin pagi (6/1) menghancurkan lima rumah di kota pantai barat daya Guanica dan merusak banyak rumah lainnya. Gempa itu juga menyebabkan tanah longsor kecil dan pemadaman listrik. Gempa itu disusul oleh serangkaian gempa kecil. [lt/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG