Tautan-tautan Akses

Gelombang Panas Picu Kebakaran Hutan di Sejumlah Wilayah Eropa


Helikopter pemadam kebakaran terbang melintasi wilayah Leiria, Portugal, untuk mengatasi kebakaran di wilayah tersebut pada 13 Juli 2022. (Foto: Reuters/Rodrigo Antunes)
Helikopter pemadam kebakaran terbang melintasi wilayah Leiria, Portugal, untuk mengatasi kebakaran di wilayah tersebut pada 13 Juli 2022. (Foto: Reuters/Rodrigo Antunes)

Ribuan pemadam kebakaran berjuang untuk memadamkan kobaran api yang melalap sejumlah wilayah di Portugal dan bagian barat Spanyol pada Rabu (13/7). Kebakaran tersebut mengancam sejumlah desa dan mengganggu masa liburan bagi para turis di tengah gelombang panas yang menyebabkan kenaikan suhu hingga di atas 45 derajat Celsius di beberapa wilayah di Eropa.

Di Prancis, ratusan pemadam kebakaran dengan dukungan enam pesawat pemadam api berjuang mengatasi kebakaran di wilayah barat daya negara tersebut. Kebakaran di Prancis itu telah memicu evakuasi ribuan orang yang tengah berkemah, ujar pejabat kepolisian Gironde Fabienne Buccio.

Di wilayah Santiago de Guarda, Distrik Leiria, Portugal, seorang warga Albertina Francisco kesulitan untuk membendung air matanya ketika mengingat desanya yang telah dilalap si jago merah.

"Situasinya sangat sulit," kata Francisco, 42. "Tidak ada pihak yang menolong. Para pemadam kebakaran dan pesawat (pemadam api) baru saja tiba. Negara harus lebih banyak memberikan bantuan pada kami."

Beberapa warga tampak berupaya mengevakuasi hewan peliharaan mereka serta membantu para pemadam kebakaran memadamkan api.

Di Leiria, api telah menghanguskan sebanyak 3.000 hektare lahan sejauh ini. Pihak berwenang telah memblokade sejumlah jalanan. Angin kencang telah membuat pemadam kebakaran kesulitan untuk memadamkan kobaran api. Jalan tol terpenting di Portugal, yang menghubungkan Lisbon dan Porto, juga ditutup akibat kebakaran yang terjadi di wilayah utara.

Pemerintah Portugal telah mengerahkan hampir sebanyak 900 pemadam kebakaran untuk mengatasi bencana di Leiria. Jumlah pemadam kebakaran di Portugal sendiri hanya terdapat 2.841 personel dengan dukungan 860 kendaraan pemadam kebakaran.

Di Algarve, wilayah selatan Portugal yang populer sebagai tempat wisata, kebakaran terjadi di Kota Faro dan meluas ke area resor mewah Quinta do Lago. Video yang beredar di media sosial menunjukkan kebakaran telah mendekat ke arah sejumlah vila di resor tersebut serta membakar pohon palem dan sebagian lapangan golf. [rs/ah]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG