Tautan-tautan Akses

Gelombang Panas Awal Musim Semi Tingkatkan Risiko Kebakaran Hutan di Australia


Petugas pemadam kebaran mengamati kerusakan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Sydney, Australia, 10 September 2023. (Foto: Reuters/Cordelia Hsu)
Petugas pemadam kebaran mengamati kerusakan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Sydney, Australia, 10 September 2023. (Foto: Reuters/Cordelia Hsu)

Kondisi panas terik datang lebih awal di beberapa wilayah Australia, di mana peringatan bahaya akan kebakaran hutan telah dikeluarkan di Sydney, sementara para petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api di wilayah Tasmania dan Queensland.

Panas di bulan September tengah memanggang sejumlah wilayah di selatan dengan temperatur mencapai 18 derajat celsius di atas rata-rata.

Suhu di belasan kota di wilayah tenggara negara itu telah memecahkan rekor suhu di bulan September yang telah bertahan lama.

Cuaca panas pada musim semi telah meningkatkan risiko akan kebakaran hutan.

Hampir 70 titik api berkobar di seluruh negara bagian New South Wales, di mana sebagian di antaranya berada di luar kendali. Peringatan bahaya kebakaran ekstrem dikeluarkan untuk Sydney dan sekitarnya pada Selasa (19/9).

Kru tanggap darurat telah memadamkan api di pinggiran kota. Api mengancam rumah-rumah di dekat Kota Wedderburn, yang berjarak sekitar 80 kilometer arah barat daya dari pusat kota Sydney. Kebakaran tersebut dipicu oleh kombinasi suhu hangat, angin kencang, serta semak dan hutan yang kering.

Jason Johnson, dari Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales mengatakan kepada para wartawan bahwa kondisinya menantang bagi para kru.

“Ini adalah hal yang sangat berbahaya yang kami lakukan, tidak hanya kebakaran, panas yang harus dihadapi oleh para petugas di lapangan, tapi juga kelelahan. Tentu saja, mereka semua adalah sukarelawan sehingga mereka mungkin baru pulang kerja dan benar-benar berniat ingin membantu memadamkan api.”

Badan Meteorologi secara resmi menyatakan bahwa El Niño sedang terjadi di Australia. Pola cuaca itu terkait dengan kondisi panas dan kering yang dapat meningkatkan ancaman kebakaran hutan.

Kebakaran selama apa yang dijuluki ‘Musim Panas Hitam’ pada tahun 2019-2020 lalu menghanguskan wilayah seluas Inggris Raya.

Di Wallacia, yang berada di pinggiran barat Sydney, petugas pemadam kebakaran dan sebuha helikopter menghabiskan waktu untuk memadamkan api yang mendekat ke arah sejumlah properti pada Selasa. [lt/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG