Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih Umumkan Upaya Atasi Emisi di Gedung-Gedung Federal


Joe Biden, yang saat itu masih kandidat presiden, berjalan melintas panel surya saat mengunjungi Insitiatif Energi Terbarukan Kawasan Plymouth, di New Hampshire, 4 Juni 2019. (Foto: Brian Snyder/Reuters)

Pemerintah Biden, Senin (17/5), mengumumkan langkah terbaru untuk memangkas emisi karbon dengan menetapkan standar efisiensi baru bagi gedung-gedung dan perumahan federal.

Gedung Putih mengatakan pemerintah Amerika untuk pertama kalinya akan mengembangkan “standar kinerja bangunan” untuk gedung-gedung federal untuk menghemat dan mengurangi emisi.

Ditambahkan, pemerintah Amerika juga menetapkan standar “Energy Star” baru untuk pompa pemanas dan mengarahkan jutaan dolar untuk membantu menciptakan teknologi hemat emisi.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya Presiden Joe Biden untuk mencapai 100 persen listrik bersih di Amerika selambat-lambatnya pada 2035 dan tidak membutuhkan persetujuan Kongres.

Gedung Putih mengatakan pengembangan standar kinerja gedung ini akan diawasi oleh proses antar-badan pemerintah, yang mencakup Departemen Energi, Badan Perlindungan Lingkungan Hidup (Environmental Protection Agency/EPA), dan General Services Administration.

Gedung Putih menegaskan “akan menetapkan metrik, target dan metode pelacakan untuk mencapai tujuan emisi karbon pemerintah federal”, tetapi tidak merilis jadwal atau perincian tentang pengembangan standar kinerja gedung tersebut.

Standar ini pada akhirnya akan mengidentifikasi pencapaian kinerja dan sekaligus sumber daya yang dibutuhkan badan-badan federal untuk mencapainya.

Gedung Putih juga mengumumkan banyak program untuk mendorong teknologi pemangkasan karbon dan menanamkan investasi pada sumber daya di bidang “energi hijau.” [em/lt]

XS
SM
MD
LG