Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Surat Pemimpin Korut untuk Trump, ’Hangat, Positif'


Potret mendiang Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, dalam pawai “Negara Jaya” yang gelar untuk merayakan Hari Jadi ke-70 Tahun Korea Utara di Pyongyang, Korea Utara, 9 September 2018.
Potret mendiang Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il, dalam pawai “Negara Jaya” yang gelar untuk merayakan Hari Jadi ke-70 Tahun Korea Utara di Pyongyang, Korea Utara, 9 September 2018.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan Presiden Donald Trump menerima surat dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan menggambarkannya sebagai "surat yang sangat hangat dan positif."

Dalam surat itu, Kim juga meminta diadakan pertemuan kedua.

Sanders juga mengatakan hubungan antara kedua negara membaik di bawah Trump dan menambahkan bahwa parade terbaru yang diselenggarakan Korea Utara "untuk pertama kalinya bukan mengenai persenjataan nuklir mereka."

Para pelajar Korea Utara berpawai di lapangan Kim Il Sung di Pyongyang, Senin (10/9) malam pada acara besar terakhir peringatan ke-70 negara itu, sebuah perayaan meriah yang memamerkan aspirasi bangsa itu bagi pertumbuhan ekonomi dan persatuan Korea.

Peringatan tahun ini tidak membesar-besarkan senjata misil dan nuklir yang telah membawa negara itu ke jurang konflik dengan Amerika satu tahun yang lalu.

Sanders juga menyangkal buku baru Bob Woodward, "Fear." Ia mengatakan banyak orang-orang, yang dirujuk Woodward dalam buku tentang Gedung Putih Trump, mengatakan mereka tidak pernah dimintai konfirmasi mengenai kutipan, yang dikatakan Woodward, disampaikan oleh mereka. Sanders juga menyebut buku itu "sembrono."

Woodward sebelumnya mengatakan orang-orang yang menyangkal pernyataan dalam bukunya, seperti Menteri Pertahanan Jim Mattis dan Kepala Staf Gedung Putih John Kelly, "tidak mengatakan yang sebenarnya." [my]

Recommended

XS
SM
MD
LG