Tautan-tautan Akses

AS

Gedung Putih: Pertemuan Puncak Rusia-AS Sedang Direncanakan


Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Amerika Donald Trump saat menghadiri KTT G20 di Hamburg, 7 Juli 2017. (Foto: dok).

Para pejabat Gedung Putih sedang membuat rencana untuk kemungkinan pertemuan puncak antara Presiden Amerika Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin, menurut harian Wall Street Journal.

Laporan itu, dengan mengutip pejabat tinggi pemerintah, mengatakan Duta Besar Amerika untuk Rusia Jon Huntsman, telah datang ke Washington untuk membantu penjadwalan pertemuan itu.

“Ini adalah proyek Duta Besar Hunstman yang telah berjalan sejak berbulan-bulan lalu, untuk mengadakan pertemuan resmi antara Putin dan Trump,” kata pejabat itu.

Orang-orang yang mengetahui rencana itu mengatakan tujuan pertemuan puncak tersebut adalah untuk membicarakan perselisihan yang sudah lama antara kedua negara.

Badan-badan intelijen Amerika telah menyimpulkan bahwa Rusia mencampuri pemilihan presiden Amerika tahun 2016 dengan maksud membantu Trump menang. Temuan tersebut telah menyebabkan penyelidikan khusus mengenai apakah kampanye Trump berkolusi dengan Rusia. Trump telah membantah kolusi apapun.

Amerika juga telah mengutuk persekutuan Rusia dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad dan telah mengutarakan tentangan terhadap campur tangan militer Moskow di Ukraina timur.

Ketegangan antara Washington dan Moskow memburuk bulan Maret ketika Amerika dan puluhan negara lain mengusir banyak diplomat Rusia dari negara mereka setelah mantan mata-mata Rusia dan putrinya diracun di Inggris dengan racun syaraf yang berkadar militer. Rusia telah membantah tanggung jawab dan telah menuduh Amerika mengkoordinasi rencana pemaksaan.

Mengenai kemungkinan pertemuan puncak, pejabat tadi mengatakan banyak perencanaan masih harus dilakukan, termasuk penetapan tanggal dan lokasi. [gp]

XS
SM
MD
LG