Tautan-tautan Akses

Gedung Putih Perintahkan Lembaga-lembaga Federal untuk Hentikan Operasi


Pro-Russian rebel military vehicles move towards Donetsk, eastern Ukraine, Nov. 10, 2014.
Pro-Russian rebel military vehicles move towards Donetsk, eastern Ukraine, Nov. 10, 2014.

Kongres telah melewatkan tenggat Senin (30/9) tengah malam untuk memutuskan soal anggaran sehingga operasi pemerintahan harus dihentikan.

Kantor anggaran Gedung Putih mengatakan bahwa mereka telah memberitahu lembaga-lembaga federal bahwa pemerintah akan menghentikan operasi, Selasa (1/10).

Sylvia Mathews Burwell, direktur Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih, mengatakan Senin larut malam dalam memorandum kepada kepala-kepala lembaga bahwa tidak ada indikasi Kongres akan menyetujui anggaran jangka pendek sebelum tenggat waktu tengah malam. Ia mengatakan lembaga-lembaga federal harus melaksanakan rencana-rencana mereka untuk penutupan operasi yang teratur.

Burwell mengatakan pemerintahan Obama telah mendesak Kongres untuk bergerak cepat sehingga layanan-layanan pemerintah yang kritis dapat dikembalikan. Ia mengatakan penghentian operasi mempengaruhi ratusan ribu pekerja yang tidak bisa bekerja seperti biasa dan menimbulkan ketidaknyamanan bagi jutaan yang bergantung pada layanan-layanan federal.

Ia mengatakan bahwa fungsi-fungsi kritis, seperti militer dan pengaturan lalu lintas udara, akan tetap berjalan.

Sementara itu, Presiden Barack Obama mengatakan pada para anggota militer bahwa ia akan berupaya agar Kongres membuka kembali pemerintahan secepat mungkin.

Ia berbicara pada para pasukan dalam pesan video setelah Kongres melewatkan tenggat tengah malam untuk menghindari penghentian operasi pemerintahan. (AP)
XS
SM
MD
LG