Tautan-tautan Akses

Gedung Putih: Ibu Negara Masih Diharapkan Hadiri Olimpiade


Ibu negara AS Jill Biden menaiki pesawat di Pangkalan Andrews, Maryland, 8 Juli 2021. (Foto: Jim Watson/Pool via Reuters)
Ibu negara AS Jill Biden menaiki pesawat di Pangkalan Andrews, Maryland, 8 Juli 2021. (Foto: Jim Watson/Pool via Reuters)

Juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki, Selasa (20/7), mengatakan Ibu Negara Jill Biden masih berencana menghadiri pesta olahraga Olimpiade di Tokyo, bahkan ketika mengemuka pertanyaan tentang keamanan acara itu di tengah pandemi virus corona.

“Kami memonitor dengan seksama situasi ini,” ujar Psaki. “Ia masih berencana menghadiri pesta olahraga itu dan tentu saja sangat ingin mendukung para atlet yang berkompetisi atas nama Amerika.”

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga pada Selasa (20/7) mengatakan dunia harus memiliki Olimpiade yang aman.

Puluhan ribu atlet, petugas dan staf pertandingan, serta media tiba di Jepang di tengah kondisi darurat lokal dan meluasnya tentangan publik terhadap acara itu.

Pakar-pakar kesehatan di Jepang mempertanyakan kebijakan yang mengizinkan kedatangan begitu banyak pendatang dalam pesta olahraga yang akan berakhir 8 Agustus mendatang. Panitia penyelenggara masih tidak mengizinkan penonton lokal dan asing di seluruh pertandingan yang dilangsungkan.

Paralimpiade akan dilangsungkan tak lama setelah berakhirnya Olimpiade. [em/lt]

XS
SM
MD
LG