Tautan-tautan Akses

Gates: NY Times Salah Artikan Memo Iran


Memo kepada Penasihat Keamanan Nasional James L. Jones ditujukan untuk mengidentifikasi langkah-langkah rencana pertahanan.

Menteri Pertahanan Amerika Robert Gates mengkonfirmasi ia menulis sebuah memo bulan Januari kepada Gedung Putih mengenai program nuklir Iran, tetapi menyanggah laporan bahwa memo itu ditujukan sebagai “panggilan untuk bertindak."

Dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Minggu, Gates mengatakan memo kepada Penasihat Keamanan Nasional James L. Jones ditujukan untuk mengidentifikasi langkah-langkah rencana pertahanan ketika berurusan dengan Iran.

Gates mengatakan sumber tidak bernama yang dipakai The New York Times menyalahartikan tujuan dan isi memo. Sumber yang dikutip dalam artikel terbitan Sabtu, menyebut memo rahasia itu mengingatkan bahwa Amerika tidak punya kebijakan jangka panjang yang efektif untuk berurusan dengan kemajuan Iran menuju pemilikan nuklir.

Dalam pernyataannya, Gates mengatakan memo itu mengandung banyak pertanyaan dan proposal yang ditujukan memberi sumbangan terhadap proses pembuatan keputusan yang teratur dan tepat waktu.

XS
SM
MD
LG