Tautan-tautan Akses

Garda Pantai Italia Bebaskan Paus Yang Terperangkap Jaring Nelayan


Tim Penyelam Penjaga Pantai Italia berupaya membebaskan paus yang tertangkap di jaring ikan, di lepas pantai Lipari, Italia, 26 Juni 2020. (Credit: Italian Coast Guard/ Handout)

Garda Pantai Italia telah merilis video mengenai satu tim penyelam yang berhasil membebaskan paus sperma sepanjang sepuluh meter yang terperangkap jaring ilegal di Laut Tengah, di lepas pantai barat daya Italia.

Garda Pantai menyatakan empat pakar biologi yang bekerja di kawasan itu memberitahu mereka mengenai paus yang terjerat itu setelah melihatnya berjuang melepaskan diri di perairan sekitar sembilan kilometer dari Pulau Salina.

Paus itu terperangkap dalam jaring ikan besar, yang menghalangi sirip ekornya bergerak-gerak.

Para anggota Garda Pantai mula-mula berupaya membebaskan paus itu dari kapal penyelamat mereka, tetapi jaring yang membelit ekor paus sangat kusut, sehingga beberapa penyelam harus terjun ke air untuk memotong jaring itu guna membebaskan paus tersebut.

Begitu bebas, paus sperma itu perlahan-lahan mulai berenang dan mendekati tiga paus lainnya yang tampak menunggu tidak jauh dari tempat itu.

Paus sperma pernah menjadi incaran para pemburu paus di seluruh dunia dan diburu hingga mendekati kepunahan. Setelah ditetapkan sebagai spesies yang terancam punah, paus-paus tersebut kembali ditemukan di berbagai penjuru dunia. [uh/ab]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG