Tautan-tautan Akses

G20 Janjikan Lebih dari $21 Miliar untuk Perangi Virus Corona


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbicara selama KTT G20 di Osaka, Jepang, pada 29 Juni 2019. (Foto: Kazuhiro Nogi/Pool via Reuters)

G-20, kelompok negara kaya dan berkembang menjanjikan lebih dari $21 miliar untuk memerangi virus corona, kata kelompok itu Sabtu (6/6).

"G-20, dan negara-negara yang diundang, telah mengkoordinasikan upaya global untuk mendukung perang melawan pandemi Covid-19. Hingga saat ini, anggota G-20 dan negara-negara yang diundang telah menjanjikan lebih dari $21 miliar untuk mendukung pendanaan kesehatan global," kata kelompok itu dalam pernyataan.

Komitmen tersebut akan diarahkan pada diagnostik, vaksin, terapi, dan penelitian dan pengembangan, tambah pernyataan itu.

Pada bulan April, kelompok itu meminta semua negara, organisasi non-pemerintah, filantropi dan sektor swasta untuk membantu menutup kekurangan biaya yang diperkirakan lebih dari $8 miliar untuk memerangi pandemi Covid-19.

Arab Saudi, ketua G-20 saat ini, menjanjikan $500 juta untuk mendukung upaya global memerangi pandemi. Dikatakan, Saudi akan mengalokasikan $150 juta bagi Koalisi untuk Kesiapsiagaan dan Inovasi Epidemi, $150 juta untuk Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi, dan $200 juta untuk organisasi dan program kesehatan lain.

Setidaknya 391.108 orang meninggal akibat Covid-19 dan lebih dari 6,68 juta orang tertular virus baru corona, penyebab penyakit itu. Wabah tersebut dimulai di Wuhan, China, pada awal Desember. [ka/ah]

XS
SM
MD
LG