Tautan-tautan Akses

G20 Berjanji akan Berkolaborasi dalam Perang Global Lawan Virus Corona


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berbicara selama KTT G20 di Osaka, Jepang pada 29 Juni 2019. (Foto: Kazuhiro Nogi via Reuters)

Kelompok 20 negara (G20) hari Kamis (26/3) berjanji untuk berkolaborasi dalam perang global untuk mengatasi pandemi virus corona. Kelompok G20 tengah menghadapi kecaman yang semakin meningkat karena tidak berbuat lebih banyak dalam membatasi penyebaran virus itu dan menghalangi kerusakan ekonomi pada negara-negara di dunia.

Setelah mengadakan pertemuan darurat secara virtual, kelompok itu mengatakan akan menyediakan dana sebesar AS$ 4,8 miliar untuk membantu menopang perekonomian global. Dana tersebut juga digunanakan untuk membantu mengurangi kerusakan finansial dan sosial yang ditimbulkan oleh virus corona di seluruh dunia.

G20 mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan itu bahwa “aksi global, solidaritas dan kerjasama internasional” sangat dibutuhkan dan bahwa “pandemi COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya adalah pengingat yang kuat akan keterkaitan dan kerentanan kita.”

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres meminta para pemimpin G20 untuk menghadapi pandemi ini seolah-olah mereka sedang bersiap-siap untuk berperang, dengan menyatakan “kita sedang berperang melawan virus dan tidak memenangkannya.”

Sementara para pemimpin G20 membahas rencana global untuk mengatasi pandemi COVID-19, virus itu tetap terus menyebar di dunia. [lt/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG