Tautan-tautan Akses

Foto Baru Presiden Nigeria yang Sedang Sakit


Presiden Nigeria Muhammadu Buhari menerima delegasi dari Partai All Progressives Congress (APC) di Abuja House di London, Inggris, 23 Juli 2017. (Sumber Kepresidenan Nigeria/Dirilis via Reuters)

Foto pertama yang menunjukkan kondisi Presiden Nigeria Muhammadu Buhari, yang meninggalkan Abuja 78 hari hari lalu untuk menjalani perawatan di Inggris, muncul hari Minggu (23/7). Foto itu menunjukkan Buhari sedang tersenyum dalam pertemuan sambil makan siang di London dengan delegasi sejumlah gubernur dari Nigeria.

Otorita di Nigeria merilis foto itu dan penasehat Buhari – Femi Adesina – memasang foto tersebut di akun gubernur negara bagian Imu, Rochas Okorocha. Gubernur itu adalah anggota Partai All Progressive Conference pimpinan Buhari, dan ia menulis di akunnya bahwa presiden gembira dan sangat penuh perhatian dalam diskusi yang berlangsung selama lebih dari satu jam itu.

Jika dihitung masa pengobatannya di Inggris saat ini, berarti presiden berusia 74 tahun itu sudah meninggalkan Nigeria selama hampir dua per tiga tahun ini atau berarti 128 hari. Hal ini memicu keprihatinan, spekulasi dan pertanyaan-pertanyaan di Nigeria. Pernyataan secara berkala tentang Buhari yang dikeluarkan pemerintah tetap dipandang dengan skeptis. Bahkan oleh sebagian pihak, foto yang dirilis hari Minggu itu diragukan keotentikannya.

Meskipun demikian penasehat kepresidenan Adesina mengutip gubernur Okorocha sebagai mengatakan “warga Nigeria tidak perlu khawatir. Presiden Buhari akan kembali segera setelah dokter memberinya lampu hijau.”

Selama tidak berada di Nigeria, Wakil Presiden Yemi Osinbajo telah menjadi presiden sementara. Meskipun demikian warga tetap bertanya-tanya kapan Buhari akan kembali, atau apakah ia akan kembali, dan jika kembali apakah ia cukup sehat untuk memimpin negara itu. (em)

XS
SM
MD
LG