Tautan-tautan Akses

Finlandia Secara Drastis Batasi Visa Turis untuk Rusia


Bendera Finlandia berkibar. Finlandia, pada 1 September 2022 memangkas jumlah visa yang dikeluarkan untuk warga Rusia menjadi sepersepuluh dari jumlah yang biasa dikeluarkannya. (Foto: AP)
Bendera Finlandia berkibar. Finlandia, pada 1 September 2022 memangkas jumlah visa yang dikeluarkan untuk warga Rusia menjadi sepersepuluh dari jumlah yang biasa dikeluarkannya. (Foto: AP)

Finlandia, Kamis (1/9), memangkas jumlah visa yang dikeluarkan untuk warga Rusia menjadi sepersepuluh dari jumlah yang biasa dikeluarkannya, sebuah langkah yang dipandang sebagai unjuk solidaritas dengan Ukraina.

Finlandia, yang berbagi perbatasan terpanjang dengan Rusia dari semua negara anggota Uni Eropa, mengumumkan keputusan tersebut pada Agustus di tengah meningkatnya tekanan dari politisi dan warga biasa untuk membatasi pergerakan turis Rusia melalui negara Nordik itu saat Moskow melanjutkan perangnya di Ukraina.

'Sangat penting bagi kami untuk menunjukkan bahwa pada saat Ukraina menderita, pariwisata seharusnya berlangsung seperti biasanya,'' kata Menteri Luar Negeri Pekka Haavisto pada pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di Ibu Kota Ceko, Praha, Rabu.

Mulai 1 September, Finlandia hanya akan mengizinkan orang Rusia mengajukan permohonan visa turis seminggu sekali dan hanya di empat kota Rusia: Moskow, St. Petersburg, Murmansk, dan Petrozavodsk, yang semuanya dekat dengan perbatasan Finlandia.

Haavisto mengatakan ia terutama mengkhawatirkan “rute turis'' Rusia melalui bandara Helsinki yang sudah digunakan oleh ribuan orang Rusia sebelum serangan Moskow di Ukraina pada 24 Februari.

Selain keputusan visanya, Kementerian Luar Negeri Finlandia mengatakan pemerintah saat ini sedang menjajaki kemungkinan membantu para pembela HAM Rusia, serta anggota masyarakat sipil dan jurnalis yang sering mengeritik Kremlin, dengan menetapkan jenis visa kemanusiaan baru yang memungkinkan mereka mengakses negara Nordik itu.

Pada pertemuan Praha pekan ini, para menteri luar negeri Uni Eropa memutuskan untuk memperketat aturan perjalanan bagi Rusia di blok 27 anggota itu tetapi tidak mencapai konsensus untuk mengeluarkan larangan visa turis skala penuh, sesuatu yang telah didesak oleh Polandia dan negara-negara Baltik, yakni Estonia, Latvia dan Lituania.

Finlandia berbagi perbatasan sepanjang 1.340 kilometer dengan Rusia. Negara itu menjadi salah satu tujuan perjalanan atau persinggahan Barat paling populer bagi wisatawan Rusia. [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG