Tautan-tautan Akses

Festival Api Persia akan Tetap Berlangsung di Iran


Pemerintah Iran khawatir perayaan itu bisa berubah menjadi demonstrasi politik pihak oposisi dan melakukan pengamanan ketat.

Rakyat di seluruh Iran membuat api unggun dan membakar petasan , hari Selasa, untuk merayakan Festival Api Persia, meskipun penjagaan keamanan ketat dan pemerintah khawatir perayaan itu bisa berubah menjadi demonstrasi politik.

Festival itu yang dikenal sebagai “Chahar Shanbe Souri” adalah tradisi kuno yang dirayakan sebelum Tahun baru Persia, yang dimulai tanggal 21 Maret.

Tetapi Pemerintah Iran telah mendesak rakyat agar tinggal di rumah setelah beberapa situs web oposisi mengatakan akan menggunakan festival itu untuk mengadakan lebih banyak aksi protes.

Penduduk di Teheran mengatakan, penjagaan keamanan sangat ketat oleh banyak polisi di jalan-jalan meskipun tidak banyak laporan mengenai terjadinya bentrokan. Banyak warga Iran mengatakan, situasinya normal untuk hari besar itu.

Ketakutan bahwa perayaan itu dapat berubah menjadi demonstrasi berkembang hari Selasa, setelah pemimpin golongan oposisi Mehdi Karroubi mengatakan, Republik Islam Iran, menurutnya, telah dicemari despotisme.

Komentar-komentar yang dipasang di situs webnya, juga mengulangi pernyataan bahwa pemilihan kembali Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad bulan Juni lalu tidak berdasar pada hasil penghitungan suara yang benar.

XS
SM
MD
LG