Tautan-tautan Akses

Feri Terbakar di Teluk Thailand, Semua Penumpang dan Awak Selamat


Asap mengepul dari sebuah kapal feri di provinsi Surat Thani, Thailand, Kamis, 4 April 2024. Kapal feri tersebut terbakar di lepas pantai selatan Thailand pada Kamis pagi saat membawa lebih dari seratus orang. (Maitree Promjampa via AP)
Asap mengepul dari sebuah kapal feri di provinsi Surat Thani, Thailand, Kamis, 4 April 2024. Kapal feri tersebut terbakar di lepas pantai selatan Thailand pada Kamis pagi saat membawa lebih dari seratus orang. (Maitree Promjampa via AP)

Sebuah feri terbakar di Teluk Thailand, Kamis pagi (4/4). Para penumpang yang panik melompat ke laut untuk menghindari api yang membakar kapal tersebut. Seluruh 108 orang yang berada di dalamnya dilaporkan selamat.

Feri yang bergerak dari provinsi Surat Thani itu hampir tiba di Koh Tao, tujuan wisata populer di lepas pantai Thailand, ketika salah satu penumpang tiba-tiba mendengar suara berderak dan mencium bau asap.

Maitree Promjampa mengatakan dia melihat asap dan api mengepul kurang dari lima menit kemudian, dan saat itulah orang-orang mulai berteriak dan alarm berbunyi.

“Kami hampir tidak bisa mendapatkan rompi pelampung tepat waktu,” katanya kepada Associated Press. “Situasinya sangat kacau. Orang-orang menangis… Saya juga menangis.”

Dari 108 orang di kapal feri tersebut, 97 di antaranya adalah penumpang, kata sejumlah pejabat Surat Thani di Facebook. Departemen hubungan masyarakat provinsi itu mengumumkan bahwa semua orang berhasil diselamatkan tanpa ada korban jiwa.

Video-video menunjukkan orang-orang bergegas keluar dari kabin feri itu sambil mengenakan rompi pelampung, ketika asap hitam tebal menyapu kapal itu. Feri tersebut kemudian dilalap api.

Maitree, seorang warga Surat Thani yang sering bepergian ke Koh Tao untuk bekerja, mengatakan beberapa perahu datang menyelamatkan mereka sekitar 20 menit setelah mereka meminta bantuan, namun perahu tersebut tidak dapat mendekati feri tersebut karena khawatir akan ledakan. Dia mengatakan orang-orang harus melompat ke laut untuk menyelamatkan diri. Video-video menunjukkan kapal feri itu juga membawa beberapa kendaraan.

“Setiap orang harus menyelamatkan diri mereka sendiri,” katanya.

Para pejabat mengatakan api telah dapat dikendalikan. Kebakaran dimulai di mesin, tapi penyebabnya sedang diselidiki. Feri itu tidak tenggelam.

Feri dari Surat Thani ke Koh Tao biasanya membawa penumpang dan wisatawan. Koh Tao berjarak sekitar 100 kilometer dari pantai. [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG