Tautan-tautan Akses

Petenis Swiss Roger Federer memecahkan rekor dengan memenangkan gelar Wimbledon ke-8, mengalahkan Marin Cilic dari Kroasia tiga set berturut-turut dengan skor 6-3, 6-1, 6-4.

Kemenangan hari Minggu itu menggeser Pete Sampras dan William Renshaw, yang masing-masing pernah memenangkan tujuh gelar Wimbledon.

"Sulit dipercaya saya bisa meraih prestasi setinggi ini. Tadinya saya tidak yakin bisa sampai ke final setelah kejadian tahun lalu,” kata Federer, yang kalah di semifinal tahun lalu dan kemudian istirahat sepanjang tahun karena cedera lutut.

"Sekarang saya berada di sini dengan gelar kedelapan," tambah Federer. "Rasanya fantastis, apabila kita yakin, kita bisa maju pesat dalam hidup."

Federer, 35, mendominasi Cilic dan sepanjang turnamen tidak pernah kalah satu set sekalipun. Federer adalah atlet pertama yang melakukan hal itu setelah Bjorn Borg tahun 1976.

Ini adalah gelar pertama Federer di All England Club sejak 2012. Kini dia telah mengumpulkan 19 gelar Grand Slam, termasuk Wimbledon dan Australia Terbuka tahun ini.

Dalam kategori perempuan hari Sabtu, petenis Spanyol Garbine Muguruza memenangkan gelar Wimbledon pertamanya, mengalahkan petenis AS Venus Williams dalam dua set berturut-turut dengan skor 7-5, 6-0.

Williams, 37 tahun, ingin menjadi juara Grand Slam perempuan tertua tapi tidak bisa mengalahkan Muguruza. [vm/ii]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG