Tautan-tautan Akses

FBI: 3 Gadis Denver Berencana ke Suriah, Mungkin Ingin Gabung ISIS


Petugas kepolisian Jerman tengah berpatroli di gerbang keamanan di dalam terminal utama bandara Frankfurt (Foto: dok). FBI mencegat tiga gadis Denver di bandara ini, akhir pekan lalu.
Petugas kepolisian Jerman tengah berpatroli di gerbang keamanan di dalam terminal utama bandara Frankfurt (Foto: dok). FBI mencegat tiga gadis Denver di bandara ini, akhir pekan lalu.

Agen-agen Biro Investigasi Federal, FBI, mencegat ketiga remaja puteri itu di bandar udara Frankfurt, Jerman, akhir pekan lalu. Mereka kemudian dikirim kembali ke Colorado, berkumpul kembali dengan keluarga mereka.

Pihak berwenang sedang menyelidiki apakah ketiga gadis remaja dari pinggiran kota Denver, yang mungkin telah berusaha bergabung dengan militan ISIS di Suriah, mempunyai teman-teman yang bermaksud sama.

Seorang pejabat AS mengatakan, sejauh ini, bukti yang terkumpul menunjukkan, kedua bersaudara umur 17 dan 15 tahun itu, serta teman mereka umur 16 tahun, bermaksud pergi ke Suriah, meskipun pejabat tadi mengatakan tim penyidik sedang memastikan siapa kontak yang mereka miliki di negara itu. Kedua bersaudara tadi keturunan Somalia, sementara teman mereka berdarah Sudan.

Agen-agen Biro Investigasi Federal, FBI, mencegat ketiga remaja puteri itu di bandar udara Frankfurt, Jerman, akhir pekan lalu. Mereka kemudian dikirim kembali ke Colorado, berkumpul kembali dengan keluarga mereka, ujar juru bicara FBI, Suzie Payne.

Dikabarkan, ketiga gadis belasan tahun itu bertolak ke Turki untuk kemudian berencana melanjutkan ke Suriah. Komputer-komputer mereka kini sedang diperiksa. Ayah mereka melaporkan mereka hilang, setelah mendapati mereka bolos sekolah hari Jumat, membawa paspor dan uang tunai $2.000. Akan tetapi, keluarga mereka tidak mengetahui kemana mereka pergi.

XS
SM
MD
LG