Tautan-tautan Akses

Facebook, Instagram akan ungkap Cara Iklan Menarget Pengguna


Logo dari induk perusahaan Facebook, Meta, terlihat pada sebuah layar laptop di Moskow, pada 28 Oktober 2021. (Foto: AFP/Kirill Kudryavtsev)
Logo dari induk perusahaan Facebook, Meta, terlihat pada sebuah layar laptop di Moskow, pada 28 Oktober 2021. (Foto: AFP/Kirill Kudryavtsev)

Induk perusahaan Facebook, Meta, mengatakan akan secara terbuka mulai memberi informasi rinci tentang bagaimana pengiklan menarget orang-orang dengan iklan politik hanya beberapa bulan menjelang pemilihan paruh waktu di Amerika.

Pengumuman itu menyusul kritik bertahun-tahun bahwa platform media sosial menahan terlalu banyak informasi tentang bagaimana kampanye, kelompok kepentingan khusus, dan politisi menggunakan platform itu untuk menarget sejumlah kecil orang dengan pesan yang mempolarisasi, memecah, atau menyesatkan.

Meta, yang juga memiliki Instagram, mengatakan akan mulai merilis rincian pada Juli tentang demografi dan minat audiens yang ditarget iklan yang dipasang di dua jejaring sosial utamanya. Perusahaan itu juga akan memberitahu berapa banyak biaya yang dikeluarkan pengiklan dalam upaya menarget orang-orang di negara bagian tertentu.

Rincian baru itu bisa menjelaskan lebih banyak tentang bagaimana politisi menyebar pesan politik yang menyesatkan atau kontroversial di kalangan kelompok tertentu. Kelompok advokasi dan Demokrat, misalnya, bertahun-tahun menyatakan bahwa iklan politik yang menyesatkan membanjiri Facebook untuk populasi berbahasa Spanyol. [ka/rs]

‚Äč
XS
SM
MD
LG