Tautan-tautan Akses

Facebook dan Instagram Alami Gangguan Kedua dalam Satu Pekan


Ilustrasi foto menunjukkan logo dari media sosial Facebook, Instagram dan WhatsApp pada sebuah smartphone. (Foto: AP/Richard Drew, File)

Facebook mengonfirmasi pada Jumat (8/10) bahwa sebagian pengguna kesulitan mengakses aplikasi dan layanannya, beberapa hari setelah raksasa media sosial itu mengalami masalah dalam sistemnya yang mengakibatkan pengguna tidak bisa mengakses layanannya selama enam jam.

Gangguan sebelumnya dipicu oleh kesalahan selama proses pemeliharaan rutin pada jaringan pusat data dari Facebook.

Beberapa pengguna kesulitan mengunggah konten mereka di Instagram, sementara yang lainnya tidak bisa mengirim pesan di layanan Messenger.

“Kami sadar bahwa beberapa orang kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berusaha memulihkan operasi secepat mungkin dan kami minta maaf atas ketidak-nyamanan ini,” demikian kata Facebook dalam sebuah cuitan.

Orang-orang segera mengunggah memes di Twitter tentang gangguan kedua yang terjadi pada Instagram di minggu ini.

Kelompok pemantau situs, Downdetector, mengatakan bahwa lebih dari 36 ribu laporan masuk pada Jumat akibat gangguan tersebut di mana banyak pengguna yang melaporkan mengalami masalah dalam mengakses platform berbagi foto Instagram. Gangguan juga terjadi pada layanan Messenger milik Facebook di mana terdapat lebih dari 800 isu yang dilaporkan.

Downdetector hanya melacak terputusnya hubungan lewat pengumpulan laporan status dari serangkaian sumber, termasuk kesalahan yang dilaporkan pengguna di platformnya. Terputusnya hubungan ini kemungkinan berdampak pada sejumlah besar penguna.

Gangguan yang terjadi pada Senin (4/10) lalu merupakan yang terbesar yang pernah disaksikan oleh Downdetector di mana milyaran pengguna Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak bisa mengakses layanan pada ketiga platform tersebut. (jm/rs)

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG