Tautan-tautan Akses

Facebook Luncurkan Upaya Atasi Berita Palsu di Jerman


Layar yang menampilkan berita-berita dari USA Daily News 24, sebuah situs berita palsu yang terdaftar di Veles, Makedonia.

Facebook juga menghadapi kecaman di Jerman karena dianggap tidak memberikan tanggapan yang cukup terhadap ujaran kebencian.

Facebook meluncurkan langkah-langkah untuk mengatasi penyebaran berita palsu di Jerman, beberapa bulan sebelum negara itu menyelenggarakan pemilihan umum nasional.

Jaringan media sosial itu hari Minggu (15/1) mengatakan grup media investigasi Correctiv akan menjadi pihak luar pertama yang mencari fakta di Jerman dan Facebook sedang berusaha mengajak organisasi media lain. Informasi terbaru untuk memudahkan pelaporan berita palsu akan diluncurkan segera di Jerman.

Facebook bulan lalu meluncurkan rencana untuk berfokus pada pelaku “hal terburuk dari yang terburuk'' dan bermitra dengan pencari fakta lain dan organisasi berita, termasuk kantor berita Associated Press, untuk memilih berita yang benar, bukan berita karangan.

Jerman dijadwalkan mengadakan pemilihan nasional September nanti.

Facebook juga menghadapi kecaman di Jerman karena dianggap tidak memberikan tanggapan yang cukup terhadap pernyataan kebencian. [ka]

XS
SM
MD
LG