Tautan-tautan Akses

Eutanasia Legal di Victoria, Australia


Pemimpin negara bagian Victoria di Australia, Daniel Andrews, saat menghadiri acara di Melbourne, 11 Agustus 2018. (Foto: AFP)
Pemimpin negara bagian Victoria di Australia, Daniel Andrews, saat menghadiri acara di Melbourne, 11 Agustus 2018. (Foto: AFP)

Satu-satunya Undang-Undang Eutanasia Australia mulai berlaku hari ini, Rabu (19/6), di negara bagian Victoria. Undang-undang itu menyebutkan, hak untuk mati dengan bantuan dokter itu hanya diberikan kepada warga berusia di atas 18 tahun dengan nyeri tak tertanggungkan akibat penyakit yang memungkinkannya meninggal dalam waktu setahun.

Kepala pemerintahan negara bagian Victoria, Daniel Andrews, mengatakan, UU itu memberi warga Victoria yang menderita penyakit mematikan tahap akhir, yang disertai nyeri tak tertanggungkan, pilihan untuk mengakhiri hidupnya dengan cara bermartabat.

Para penentang UU itu mengatakan, ada tentangan luas di kalangan komunitas kedokteran dan agama. Dalam sebuah surat, sejumlah uskup senior Australia mengatakan, mereka tidak mendukung usaha memfasiliatasi bunuh diri, meski itu dimotivasi oleh perasaan empati dan kasih sayang.

UU Eutanasia baru-baru ini ditolak oleh beberapa negara bagian Australia lain. Namun, parlemen Australia Baratdiperkirakan akan mempertimbangkan RUU serupa Agustus mendatang sementara pihak berwenang di Queensland sedang menjajaki opsi yang sama. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG