Tautan-tautan Akses

Eurogroup Sepakati Paket Untuk Bantu Anggota Atasi COVID-19


Menteri Keuangan Portugal dan Presiden Eurogroup, Mario Centeno di Lisbon, Portugal. (Foto: dok).
Menteri Keuangan Portugal dan Presiden Eurogroup, Mario Centeno di Lisbon, Portugal. (Foto: dok).

Menteri-menteri keuangan dari 19 negara anggota zona euro, Kamis (10/4) menyepakati paket lebih dari setengah triliun euro untuk membantu perusahaan-perusahaan, pekerja dan sistem layanan kesehatan mengurangi dampak ekonomi akibat wabah virus corona.

Mario Centeno, presiden Eurogroup yang beranggotakan menteri-menteri keuangan zona euro, menyebut paket itu sebagai langkah yang “sama sekali belum pernah terjadi sebelumnya.”

Paket tersebut, jelas Centeno, jumlahnya mendekati empat persen PDB Eropa dan merupakan stabilisator otomatis yang cukup kuat untuk melindungi ekonomi Eropa apabila terjadi krisis. “Kita tidak pernah bereaksi sedemikian cepatnya terhadap krisis seperti sekarang ini,” lanjut Centeno.

Langkah-langkah tersebut akan memberi Italia dan Spanyol yang sangat terpukul oleh wabah ini, akses cepat ke dana talangan zona euro hingga 240 miliar euro, selama dana itu digunakan untuk kebutuhan sistem layanan kesehatan mereka.

Centeno mengatakan pada konferensi pers melalui video bahwa negara-negara diperkirakan mengidentifikasi cukup banyak biaya kesehatan untuk mendapatkan dana tersebut.

Kredit ini tersedia hanya selama wabah COVID-19 dan berakhir segera setelah itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG