Tautan-tautan Akses

Ethiopia, Eritrea Buka Kembali Perbatasan 


Eritrea dan Ethiopia membuka kembali perbatasan mereka yang sebelumnya ditutup selama dua dekade, Selasa, 11 September 2018. (Foto: ilustrasi).
Eritrea dan Ethiopia membuka kembali perbatasan mereka yang sebelumnya ditutup selama dua dekade, Selasa, 11 September 2018. (Foto: ilustrasi).

Hubungan yang dengan cepat menghangat antara Eritrea dan Ethiopia maju selangkah lagi hari Selasa (11/9), sewaktu kedua negara yang sebelumnya bermusuhan itu membuka kembali perbatasan mereka yang ditutup selama dua dekade.

Menteri Informasi Eritrea Yemane Meskel, mengumumkan peristiwa bersejarah itu di Twitter. Ia menulis bahwa Presiden Eritrea Isaias Afwerki dan Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed hari ini secara resmi membuka pos perbatasan Debay Sima - Burre antara kedua negara untuk menghubungkan transportasi darat.

Meskel mengatakan Afwerki dan Ahmed akan melakukan upacara serupa hari Selasa (11/9) di pos perbatasan Serha-Zalambesa.

Pembukaan kembali perlintasan perbatasan itu dilakukan dalam suatu acara untuk memperingati tahun baru Ethiopia. Fitsum Arega, kepala staf Perdana Menteri Ahmed, mengunggah foto-foto Ahmed yang mengenakan baju kamuflase berjalan di sebelah Presiden Afwerki yang mengenakan baju berwarna hijau zaitun.

Hubungan antara dua negara bertetangga di kawasan Tanduk Afrika itu membaik sejak Perdana Menteri Ahmed mengumumkan pada Juni lalu bahwa Addis Ababa pada akhirnya akan mematuhi perjanjian tahun 2000 yang diperantarai PBB untuk mengakhiri perang di perbatasan selama dua tahun yang menewaskan sekitar 70 ribu orang. Konflik itu disusul oleh perang dingin selama hampir dua dekade, perang proksi dan kadang-kadang konflik terbuka.

Pengumuman ini tersebut mendorong ditandatanganinya suatu perjanjian perdamaian bersejarah bulan lalu oleh Ahmed dan Afwerki yang secara resmi mengakhiri salah-satu konflik terlama dan berlarut-larut di Afrika. Kedua pihak sejak itu juga telah membuka kembali kedutaan besar dan membangun kembali rute transportasi udara, jaringan telepon dan perdagangan lintas batas.

Eritrea, bekas provinsi Ethiopia, memisahkan diri dari negara tetangganya yang jauh lebih luas itu pada tahun 1993. [uh]

XS
SM
MD
LG