Tautan-tautan Akses

Erupsi Gunung Etna di Italia Terangi Langit Menjelang Fajar


Erupsi Gunung Etna menerangi langit pada malam hari di Nicolosi, Catania, Italia, 14 Desember 2020. (Foto: Local Team/REUTERS TV via REUTERS).

Gunung Etna di Italia, gunung berapi paling aktif di Eropa, menerangi langit pada Minggu malam hingga menjelang fajar hari Senin dengan semburan lava panas, beberapa hingga setinggi 100 meter ke angkasa. Etna terletak 9di pulau Sisilia di kawasan Laut Tengah.

Para ilmuwan di Lembaga Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia (INGV) melaporkan ada dua celah letusan di kawah bagian tenggara. Para ahli geologi melaporkan gunung itu telah berulang kali aktif dalam dua bulan ini.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa abu dari erupsi menyelimuti beberapa bagian desa-desa kecil di dekatnya antara Pedara dan Tremestieri Etneo. Pada Senin pagi, mobil, jalan-jalan dan balkon tertutup abu hitam sementara para pekerja dan warga setempat berupaya membersihkan abu itu.

Gunung setinggi 3.330 meter itu adalah gunung berapi paling aktif ke-dua di dunia, setelah Kilauea di Hawaii. Gunung ini dapat meletus dan menjadi aksi spektakuler beberapa kali dalam setahun, memuntahkan lahar dan abu ke langit di atas Sisilia. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG