Tautan-tautan Akses

Eropa: Sambut Tahun Baru Dengan Berenang dalam Air Es


Seorang perenang es dari klub “Berliner Seehunde (anjing laut Berlin) berenang di Danau Oranke yang dingin di distrik Alt-Hohenschoenhausen, di timur Berlin, 1 Januari 2010.

Dari Edinburgh di Skotlandia, hingga Lisbon dan Berlin, sebagian warga Eropa menyambut tahun baru dengan berenang di danau atau laut bersuhu dingin menggigit.

Seberapa dingin? “Sembilan atau sepuluh (derajat celsius). Tapi baik-baik saja. Rasanya menyenangkan,” kata Claudy, yang bergabung bersama 1.000 peserta lainnya dalam tradisi tahunan Malo-les-Bains di utara Perancis.

Pemandangan yang sama juga berlangsung di beberapa kota Eropa lainnya. Beberapa tradisi punya tema. Tapi rata-rata semua tradisi sama yaitu terjun ke kolam bersuhu dingin disertai sorakan dari peserta lain yang menunggu di pinggiran sambil mengenakan topi dan sarung tangan.

Kostum-kostum menarik dan minuman sampanye sering menjadi bagian acara-acara itu. Meski beberapa acara berlangsung sederhana saja, yaitu peserta cukup mengenakan pakaian renang, pelindung kepala dan lalu berenang.

Kobaran api unggun Tahun Baru di Scheveningen, Den Haag, Belanda, 1 Januari 2019.
Kobaran api unggun Tahun Baru di Scheveningen, Den Haag, Belanda, 1 Januari 2019.

Di Belanda, sekitar 10 ribu peserta berenang di Laut Utara di Scheveningen yang airnya membeku dengan suhu tujuh derajat Celcius. Para peserta juga disambut dengan api unggun di pantai setinggi 40 meter. Bara dari api unggun juga sempat terpercik ke jalan-jalan sekitar pantai pada malam Tahun Baru.

Seorang turis dari Inggris, Hillary, yang berusia 28 tahun, hanya punya satu kata untuk acara tahun baru kemarin, Selasa (1/1/2019): “dingin sekali.”

Menuju ke arah utara, di Pulau Norderney di lepas pantai pesisir Jerman, air Laut Utara bersuhu lima derajat saja. Tapi hal itu tidak membuat 500 peserta mengurungkan niat mereka untuk berenang pada suhu membeku.

Di ibu kota Jerman, 11 anggota “Berliner Seehund” (anjing laut Berlin) memberikan penghormatan pada tradisi klub renang itu dengan berenang di Oranke lake.

Para pengunjung acara tahunan berenang Loony Dook di South Queensferry, Skotlandia, Inggris, 1 Januari 2019.
Para pengunjung acara tahunan berenang Loony Dook di South Queensferry, Skotlandia, Inggris, 1 Januari 2019.

Acara tahunan “Loony Dook” dekat Edinburgh juga menarik perhatian ratusan pengunjung untuk berenang di sungai Forth. Tradisi itu dimulai pada 1987 oleh dua sahabat yang memutuskan berenang dalam air es untuk menghilangkan efek mabuk setelah pesta tahun baru.

Saat ini acara itu juga menjadi ajang menggalang dana oleh badan amal setempat. Para peserta biasanya mengganti baju renang dengan kostum pesta. Bahkan ada seorang peserta yang berpakaian seperti Presiden AS Donald Trump ikut berfoto.

Di Portugal, yang airnya sedikit hangat, Sinterklas, tahanan, dan para pemain sepak bola tampak bersenang-senang di pantai Carvavelos, dekat Lisbon. Sementara itu di Cap d’Agde, selatan Perancis, beberapa perenang menyambut tahun baru dengan berenang telanjang. [ft]

XS
SM
MD
LG