Tautan-tautan Akses

Eropa: Meningkatnya Ketegangan dengan Iran Tunjukkan Perlunya Dialog


Presiden Kolombia Ivan Duque (kiri) bersama Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, di Bogota, Kolombia, 12 September 2019.

Negara-negara Eropa yang mendukung perjanjian nuklir 2015 dengan Iran menyatakan meningkatnya ketegangan menegaskan “perlunya upaya-upaya diplomatik ke arah peredaan ketegangan dan dimulainya dialog.”

Pernyataan bersama dari Jerman, Perancis, Inggris dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, Jumat (13/9) mengemukakan “keprihatinan mendalam” mengenai aksi-aksi terbaru Iran. Pekan ini, badan pengawasan nuklir PBB mengukuhkan bahwa Iran sedang bersiap-siap menggunakan lebih banyak lagi sentrifusa canggih, suatu pelanggaran lagi mengenai batas-batas yang ditetapkan dalam perjanjian nuklir yang lambat laun melemah setelah Presiden Donald Trump menarik keluar Amerika Serikat dari perjanjian itu tahun lalu.

Eropa menyatakan “prihatin dengan risiko bahwa perjanjian itu akan semakin lemah karena serangkaian sanksi yang diberlakukan Amerika Serikat sejak Mei 2018 dan menyusul keputusan Iran untuk tidak lagi menerapkan beberapa keputusan penting dalam perjanjian.” [uh/lt]

Lihat komentar

Recommended

XS
SM
MD
LG