Tautan-tautan Akses

Eropa Janjikan Tambahan Dana untuk Pengawal Pantai Libya


Seorang penjaga pantai LIbyan berdiri di atas sebuah kapal kayu dimana lebih dari tujuh ratus migran sedang berlayar untuk melarikan diri dari Libya, selama operasi penyelamatan di laut Mediterania, sekitar 13 mil sebelah utara Sabratha, Libya, Senin, 29 Agustus 2016. (Foto: dok).

Perancis, Jerman dan kepala migrasi Uni Eropa telah menjanjikan dana lagi bagi pengawal pantai Libya dan meningkatkan usaha untuk membantu Italia menghadapi peningkatan kedatangan migran dari Afrika.

Kementerian Dalam Negeri Perancis mengatakan dalam pernyataan hari Senin (3/7) bahwa mereka juga akan merundingkan “peraturan tingkah laku” bagi kelompok-kelompok bantuan kemanusiaan yang bekerja di Laut Tengah.

Komisaris migrasi Uni Eropa serta menteri-menteri dalam-negeri Jerman, Perancis dan Italia mengadakan rapat krisis Minggu malam (2/7) setelah Italia memohon bantuan dari Eropa. Sekitar 10 ribu migran telah ditolong dari laut dalam beberapa hari ini. Para pejabat menjanjikan dana tambahan dan latihan bagi pengawal pantai Libya dan mencari cara memperkuat perbatasan selatan Libya yang sebagian tanpa adanya hukum, yang dimanfaatkan para penyelundup untuk menyalurkan migran Afrika ke Eropa. [gp]

XS
SM
MD
LG