Tautan-tautan Akses

Enam Gempa Guncang Perbatasan Iran-Irak


Gempa bumi mengguncang kawasan perbatasan Iran-Irak, Kamis (11/1).

Enam gempa bumi dengan kekuatan sedikitnya 5 Skala Richter (SR) mengguncang kawasan perbatasan Iran-Irak, Kamis (11/1). Guncangan akibat gempa itu bahkan terasa hingga Baghdad dan beberapa wilayah di pinggiran Irak.

Kawasan itu sendiri November tahun lalu sempat diguncang gempa yang menewaskan lebih dari 530 orang dan mencederai ribuan orang lainnya. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui berapa jumlah korban cedera dan seberapa besar nilai kerusakan yang ditimbulkan.

Survei Geologi Amerika (USGS) mengatakan, lima gempa mengguncang daerah dekat kota Mandali di Irak, disusul sebuah gempa lainnya di dekat kota Mehran di Iran. Semua gempa itu terjadi dalam kurun waktu satu jam mulai pukul 10 pagi waktu setempat.

USGS menyebutkan, semua gempa itu terjadi pada kedalaman 10 kilometer. Gempa dengan kekuatan 5 SR bisa menimbulkan kerusakan berarti, apalagi pada kedalaman yang dangkal, khususnya di kawasan yang konstruksi bangunannya tidak memperhitungkan resiko gempa.

Iran terletak di lempengan-lempengan besar tektonik yang rawan gempa. Pada 2003, gempa 6,6 SR hampir meratakan kota bersejarah Bam dan menewaskan sekitar 26.000 orang. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG