Tautan-tautan Akses

AS

Enam Ditahan terkait Rencana Penculikan Gubernur Michigan


Michael John Null dan Willam Grant Null (kanan) tersangka dalam rencana penculikan gubernur negara bagian Michigan, di Lansing, 30 April 2020. Mereka didakwa pada 8 Oktober 2020.

Biro Penyelidik Federal AS (the Federal Bureau of Investigation/FBI) mengatakan, pihaknya berhasil membatalkan rencana untuk menggulingkan pemerintah negara bagian Michigan dan Gubernur Gretchen Whitmer menjelang pemilihan pada 3 November.

Menurut sebuah pengaduan kriminal di pengadilan federal, enam orang yang ditangkap telah berkomplot selama berbulan-bulan, berlatih dengan para anggota milisi dan bahkan melakukan latihan percobaan serangan pada Agustus dan September.

Menurut FBI, para komplotan yang dituduh termasuk Adam Fox, Ty Garbin, Kaleb Franks, Daniel Harris, Brandon Caserta, semuanya warga Michigan, dan Barry Croft dari Delaware.

Polisi federal mengatakan, empat orang berencana "membayar bahan peledak dan menukarnya dengan perlengkapan taktis".

Menurut FBI, para tersangka itu mengatakan Gubernur Whitmer sama sekali tidak menerapkan “check and balances”. Kekuasaannya tidak terbatas sekarang. Semua yang baik harus berakhir."

Whitmer telah menjadi sosok yang kontroversial selama pandemi Covid-19, dengan banyak warga di negara bagian itu menyebut penutupan wilayahnya sangat keras. Awal bulan ini, Mahkamah Agung Michigan mengatakan perintah penutupannya melanggar undang-undang negara bagian. [ps/pp]

XS
SM
MD
LG