Tautan-tautan Akses

4 Gajah Mati Ditabrak Kereta Penumpang di Assam, India


Seekor gajah menyeberang jalan di pinggiran Gauhati, negara bagian Assam, India (foto: ilustrasi).
Seekor gajah menyeberang jalan di pinggiran Gauhati, negara bagian Assam, India (foto: ilustrasi).

Empat ekor gajah mati ditabrak kereta api penumpang di negara bagian Assam di India. Tabrakan yang terjadi hari Sabtu itu mengakibatkan lokomotifnya terguling tapi tidak ada penumpang yang cedera. Seekor gajah lainnya cedera gawat, kata pejabat setempat.

Gajah-gajah itu adalah bagian dari kelompok besar gajah yang sedang berpindah ke negara bagian yang berhutan dan berbukit-bukit itu, dan jalan kereta api itu melintas di tempat dimana mereka lewat ketika mencari padang rumput yang baru.

Di India terdapat sekitar 30.000 ekor gajah, dan khusus di negara bagian Assam terdapat gajah-gajah Asia yang dinyatakan terancam punah.

Bulan Desember lalu lima ekor gajah lainnya mati ditabrak kereta api dekat sebuah perkebunan teh di Assam. Penggundulan hutan dan pembangunan rumah di habitat gajah-gajah itu telah memaksa hewan-hewan besar tadi pergi lebih jauh untuk mencari makan. Tahun lalu saja 60 ekor gajah mati karena kecelakaan atau bentrokan dengan para petani. Banyak kematian itu disebabkan tersengat listrik, karena para petani mendirikan pagar-pagar kawat yang dialiri listrik untuk mencegah hewan liar masuk ke tanah pertanian mereka. [ii]

Recommended

XS
SM
MD
LG