Tautan-tautan Akses

Elpidophoros, Para Pemimpin AS Bahas Hagia Sophia


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengunjungi Hagia Sophia di Istanbul, Turki, 19 Juli 2020.

Uskup Agung AS Elpidophoros mengadakan pertemuan dengan para pemimpin politik AS di Washington, Kamis (23/7), untuk membahas keprihatinan atas perebutan dan perubahan status Hagia Sophia di Istanbul kembali menjadi masjid.

Sebagai lanjutan dari pertemuan dengan Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden Mike Pence, Uskup Agung Elpidophoros menyatakan, pertemuan itu berlangsung dengan baik.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengeluarkan sebuah dekrit untuk mengubah kembali status bangunan abad keenam yang ikonis sebagai masjid bulan ini.

Ini terjadi setelah pengadilan tinggi Turki memutuskan Hagia Sophia secara ilegal telah dijadikan sebuah museum lebih dari delapan dekade lalu.

Langkah itu disambut dengan cemas di Yunani dan Amerika Serikat serta para pemimpin Kristen.

Sementara itu, Turki sedang mempersiapkan serangkaian ibadah salat berjamaah pertama dalam 86 tahun di tempat bersejarah Istanbul, setelah perubahan statusnya.

Erdogan dijadwalkan akan bergabung dengan ratusan jemaah pada salat Jumat di dalam bekas katedral Bizantium yang menjadi masjid pada 1453, saat kelompok Muslim menaklukan di Istanbul. Pada 1934, masjid itu menjadi museum setelah Turki menjadi sebuah negara republik sekuler. [mg/ft]

Lihat komentar (10)

Recommended

XS
SM
MD
LG