Tautan-tautan Akses

Elena Kagan Diperkirakan Dikukuhkan sebagai Hakim Agung


Calon Hakim Agung Elena Kagan tampaknya akan dikonfirmasi oleh Senat sebagai anggota MA Amerika terbaru.

Calon Hakim Agung Amerika Elena Kagan kemungkinan besar akan dikukuhkan sebagai anggota terbaru dari lembaga judisial Amerika yang tertinggi.

Setelah melewati sidang dengar pendapat selama tiga hari dan ditanyai oleh para anggota Komisi Judisial Senat, baik pihak Republik maupun Demokrat berbicara positif tentang peluang Kagan untuk diloloskan pencalonannya oleh seluruh Senat.

Kagan berhati-hati dalam menjawab pertanyaan tentang kecenderungan pandangan politiknya dan juga dalam komentarnya mengenai keputusan-keputusan Mahkamah Agung.

Senator Lindsey Graham dari Partai Republik memuji karya Kagan dalam jabatannya sebagai "solicitor general", yakni wakil pemerintahan Obama di hadapan pengadilan tinggi. Tetapi Senator Republik paling senior dalam komisi ini, Jeff Sessions, mengatakan sulit untuk menyimpulkan apakah keputusan-keputusan Kagan akan cenderung memihak pada sisi konservatif atau sisi liberal.

Sambil mencatat bahwa ia sempat bekerja untuk dua presiden Partai Demokrat, Kagan mengatakan pandangan politiknya tidak merupakan faktor dalam pengambilan keputusannya sebagai Hakim Agung.

XS
SM
MD
LG