Tautan-tautan Akses

Dubes AS: Amerika Tidak Bangun Depot Senjata di Filipina


Dubes AS untuk Filipina, Sung Kim di bandara internasional di kota Pasay, selatan Manila, Filipina, 1 Desember 2016 (Foto: dok).

Duta Besar Amerika untuk Filipina mengatakan Amerika Serikat sama sekali tidak membangun depot senjata di mana pun di Filipina. Pernyataan itu disampaikan sebagai reaksi terhadap ancaman Presiden Rodrigo Duterte untuk membatalkan pakta pertahanan 2014 yang memungkinkan pasukan Amerika ditempatkan untuk sementara di kamp-kamp tertentu yang ditetapkan di Filipina jika depot senjata dibangun di dalam kamp-kamp itu.

Duta Besar Sung Kim, Selasa (31/1) mengatakan “mungkin informasi yang salah” disampaikan kepada Duterte yang membuatnya menyatakan keprihatinan tersebut.

Presiden Duterte hari Minggu mengidentifikasi tiga daerah di mana pasukan Amerika seharusnya membawa persenjataan, termasuk provinsi Palawan, Filipina barat yang menghadap Laut China Selatan yang disengketakan.

Dia mengatakan tidak akan mengizinkan Amerika menyimpan senjata di kamp-kamp setempat sesuai pakta pertahanan kedua negara karena Filipina mungkin terjerat di tengah jika perang meletus antara China dan Amerika. [lt]

Forum Facebook

XS
SM
MD
LG