Tautan-tautan Akses

Dubai akan Operasikan Pesawat Nirawak


Pesawat tanpa awak EHang 184 buatan China dipamerkan di Las Vegas, Nevada, AS (foto: ilustrasi).

Dubai berharap mempunyai pesawat penumpang tak berawak yang secara teratur terbang di atas kota bergaya masa depan itu mulai bulan Juli.

Pesawat tanpa awak EHang 184 buatan China itu sudah terbang perdana di atas Burj al-Arab, hotel pencakar langit Dubai yang berbentuk layar.

Pertanyaannya adalah apakah, pesawat berbentuk telur dan berkaki empat itu benar-benar akan digunakan sebagai alat transportasi alternatif di kota yang sarat mobil dan punya jalur kereta api dalam kota yang terpanjang di dunia itu.

Kepala Badan urusan Jalan dan Transportasi Dubai, Mattar al-Tayer mengumumkan rencana untuk mengoperasikan pesawat nirawak yang terbang secara teratur dari gedung World Government Summit.

Kebanyakan pengamat mengatakan pesawat berkaki empat dengan delapan baling-baling itu hanya sebagai suatu hal yang menarik di Dubai, yang menganggap dirinya sebagai kota konperensi Davos di Padang Pasir.

Pesawat itu dapat membawa penumpang dengan berat mencapai 100 kilogram dan sebuah koper kecil.

Pesawat nirawak yang dilengkapi dengan baterai untuk terbang setengah jam dan menempuh jarak hingga 50 kilometer itu, akan dipantau dari jarak jauh oleh ruang kontrol di darat. Pesawat itu, bisa terbang dengan kecepatan maksimum 160 kilometer per jam. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG