Tautan-tautan Akses

Dua Pakar Peringatkan Amerika-Tiongkok untuk Saling Percaya


Kenneth Lieberthal (Foto: dok)
Kenneth Lieberthal (Foto: dok)

Laporan yang dimuat oleh 'Brooking Institution' yang berpengaruh di Washington DC, mengatakan saran dua pakar terkemuka mengenai hubungan bilateral Amerika-Tiongkok.

Dua tokoh cendekiawan memperingatkan bahwa ketidakpercayaan “strategis” jangka panjang antara Amerika dan Tiongkok menjadi semakin serius meskipun terjadi kontak yang semakin luas antara kedua negara.

Peringatan itu disampaikan dalam sebuah laporan minggu ini oleh Kenneth Lieberthal, direktur keamanan nasional untuk Asia semasa pemerintahan Presiden Bill Clinton, dan Wang Jisi, dekan studi internasional di Beijing University serta anggota Komite Penasihat Kebijakan Luar Negeri di kementerian luar negeri Tiongkok.

Laporan kedua pakar yang diterbitkan oleh Brookings Institution, lembaga berpengaruh di Washington itu mengatakan Amerika dan Tiongkok tetap akan menjadi dua negara paling penting selama beberapa dekade mendatang, dan bahwa hubungan kedua negara akan sangat mempengaruhi seluruh dunia.

Tapi, kata mereka, kedua negara itu saling tidak mempercayai niat jangka panjang, sehingga berpotensi menjurus pada sikap dan tindakan yang hanya akan memperdalam saling ketidakpercayaan itu.

Recommended

XS
SM
MD
LG