Tautan-tautan Akses

DPR AS Putuskan Akhiri Keikutsertaan AS dalam Perang di Yaman


Warga Yaman membawa peti jenazah seorang anak laki-laki yang menjadi korban pemboman koalisi pimpinan Saudi di Saada, Yaman (foto: ilustrasi).

DPR AS hari Kamis (4/4) memutuskan untuk mengakhiri keikutsertaan AS dalam perang saudara di Yaman. Ini adalah penolakan atas dukungan pemerintah Trump terhadap perang yang dipimpin pemerintah Arab Saudi.

Presiden Donald Trump diperkirakan akan memveto resolusi itu, yang disetujui DPR dengan perbandingan suara 247 lawan 175 – yang umumnya sesuai dengan garis kebijakan masing-masing partai.

Resolusi itu disahkan di Senat yang beranggotakan 100 orang, bulan lalu dengan dukungan tujuh anggota Partai Republik, sehingga pemungutan suara hari Kamis itu merupakan pertama kalinya kedua partai di Kongres memilih mengakhiri keterlibatan Amerika dalam perang di luar negeri.

Masalah ini merupakan prioritas tinggi bagi Partai Demokrat setelah mereka mengambil-alih DPR bulan Januari lalu, dengan mengatakan pengeboman yang dipimpin Arab Saudi itu memperburuk krisis kemanusiaan di Yaman.

Puluhan ribu orang terbunuh dalam perang saudara yang telah berlangsung empat tahun dan memicu apa yang disebut PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Jutaan orang Yaman kini berada di ambang kelaparan. (rw/ii)

XS
SM
MD
LG