Tautan-tautan Akses

AS

DPR AS Lakukan Pemungutan Suara Soal Permukiman di Israel


Situasi sidang di DPR AS. (Foto: Dok)

Langkah ini menegaskan bahwa AS akan menentang setiap langkah di masa depan oleh PBB yang, mengutip kata-kata di dalam rancangan undang-undang itu, “bersifat sepihak dan anti-Israel.”

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat meloloskan sebuah langkah bipartisan yang mengecam Dewan PBB karena mengkritik permukiman Yahudi di wilayah Palestina.

Pemungutan suara Kamis (5/1) diloloskan dengan selisih suara 235 lawan 188, dan merupakan langkah tidak mengikat yang mendeklarasikan dukungan untuk Israel. Hal itu juga menegaskan bahwa Amerika akan menentang setiap langkah di masa depan oleh PBB yang, mengutip kata-kata di dalam rancangan undang-undang itu, “bersifat sepihak dan anti-Israel.”

Penentang produk legislasi ini, kebanyakan dari Partai Demokrat, mengatakan, langkah ini mengaburkan kompleksitas dari proses perdamaian Timur Tengah.

Amerika Serikat bulan lalu membuat langkah bersejarah berupa abstain dari pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB yang mengecam Israel karena permukiman yang dibangunnya di wilayah Palestina. Di masa lalu, AS selalu mempergunakan hak vetonya sebagai anggota tetap DK untuk mencegah resolusi seperti itu diloloskan. [jm]

XS
SM
MD
LG