Tautan-tautan Akses

Dokumen Rahasia yang Bocor Tunjukkan Bagaimana Rusia dan China Berkolaborasi dalam Upaya Penyensoran


Seorang pria tampak menggunakan laptopnya di salah satu cafe di Beijing, China, pada 16 Februari 2015. (Foto: AP/Andy Wong)
Seorang pria tampak menggunakan laptopnya di salah satu cafe di Beijing, China, pada 16 Februari 2015. (Foto: AP/Andy Wong)

Bocoran dokumen yang diberikan kepada jaringan mitra VOA, RFE/RL, mengonfirmasi laporan bahwa Rusia dan China berkolaborasi dalam upaya penyensoran dan taktik kontrol di internet.

Materi itu merinci dokumen dan rekaman yang dikatakan berasal dari sejumlah pertemuan tertutup pada 2017 dan 2019 antara para pejabat China dan Rusia yang bertugas pada lembaga-lembaga yang mengawasi internet di kedua negara.

Dalam dokumen dan rekaman tersebut — seperti dilaporkan oleh RFE/RL — pejabat dari kedua negara berbagi strategi untuk melacak pembangkang dan mengendalikan internet, termasuk permintaan bantuan untuk memblokir artikel berita “berbahaya” dan saran untuk mengatasi teknologi yang dapat menghindari sensor di internet.

RFE/RL mengatakan bahwa unit investigasinya di Rusia memperoleh rekaman dan dokumen itu dari sumber yang memiliki akses ke materi tersebut. DDoSecrets, grup yang menerbitkan dokumen yang bocor dan diretas, menyediakan perangkat lunak untuk mencari file itu.

VOA belum melihat dokumen dan rekaman tersebut.

Meskipun sebelumnya telah muncul laporan-laporan tentang kerja sama Moskow dan Beijing dalam upaya terkait penyensoran dan bentuk represi lainnya, isi percakapan khusus tersebut belum pernah dilaporkan sebelumnya.

Baik kedutaan Rusia maupun China di Washington tidak menanggapi permintaan komentar yang dikirim via email oleh VOA.

Dalam beberapa materi yang bocor, para pejabatChina tampaknya meminta saran kepada Rusia untuk menangani pembangkang dan mengatasi media, kata laporan itu. Sementara itu, para pejabat Rusia meminta nasihat dari Beijing mengenai isu-isu seperti bagaimana menghalangi alat pengelakan seperti VPN dan mengatur platform perpesanan. [lt/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG