Tautan-tautan Akses

AS

Dokter Covid-19 Gedung Putih: “Tidak Ada di antara Kami yang Bohong”


Laksamana Brett Giroir, asisten sekretaris Layanan Kesehatan dan Manusia, berbicara dalam konferensi pers di Rose Garden, Gedung Putih, 11 Mei 2020, di Washington. (Foto: Alex Brandon/AP)

Anggota penting Satuan Tugas Virus Corona Gedung Putih, Selasa (14/7), menolak tuduhan Presiden Donald Trump bahwa dokter pemerintah berbohong tentang tingkat keparahan virus kepada publik Amerika.

Trump me-retweet komentar dari mantan pembawa acara gim, Chuck Woolery, yang tanpa bukti mengklaim bahwa “semua orang berbohong,” termasuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Center for Disease Control and Prevention/CDC).

Namun Brett Giroir, seorang laksamana bintang empat di Korps Layanan Kesehatan Masyarakat Amerika, salah satu dari beberapa dokter yang sering muncul dalam berbagai acara tanggapan pemerintah terhadap pandemi di Amerika Serikat, mengatakan dalam acara “Today” di jaringan televisi NBC, “Kami mungkin kadang-kadang membuat kesalahan berdasarkan informasi yang kita terima, tetapi tidak ada dari kita yang berbohong. Kami sepenuhnya transparan dengan warga Amerika. Tak satu pun dari kami yang 100 persen benar. Tak satu pun dari kami yang selalu benar, dan kami akui itu.”

Trump, yang menghadapi persaingan yang sulit dalam pemilihan ulang pada November melawan mantan wakil presiden Joe Biden, telah selama berbulan-bulan meremehkan dampak virus corona dan baru-baru ini menyatakan bahwa dampak lonjakan baru dalam jumlah kasus di Amerika sebenarnya 99 persen “sama sekali tidak berbahaya.” [lt/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG