Tautan-tautan Akses

DK PBB Sidang Darurat Bahas Serangan Israel


PM Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut serangan Israel atas kapal bantuan itu “terorisme yang direstui negara."

Dewan Keamanan PBB bertemu dalam sidang darurat pada hari Senin membahas serangan pasukan komando Israel terhadap sebuah kapal Turki di Laut Tengah yang mengakibatkan sedikitnya sembilan orang di kapal tersebut tewas. Puluhan lagi luka-luka. Di pihak Israel, tujuh tentaranya mengalami luka-luka.

Kapal tersebut adalah bagian dari iring-iringan kapal yang mengangkut 10.000 ton pasokan ke Jalur Gaza sebagai tantangan atas blokade Israel yang sudah berlangsung tiga tahun.

Serangan Senin pagi di perairan internasional, 60 kilometer di lepas pantai Israel tersebut telah mengundang kecaman internasional. Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut serangan itu “terorisme yang direstui negara." Turki telah memanggil pulang duta besarnya dari Israel dan membatalkan tiga rencana latihan militer dengan Israel untuk memprotes insiden itu.

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyatakan ia terkejut dengan adanya serangan tersebut dan mengatakan Israel harus memberi penjelasan lengkap. Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu yang berpidato di Dewan Keamanan, menuntut permintaan maaf Israel dan penyelidikan internasional.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu bersikukuh pasukan komando Israel bertindak untuk membela diri tapi menyatakan penyesalan atas jatuhnya korban jiwa. Netanyahu mempersingkat lawatannya ke Kanada serta membatalkan rencana ke Amerika hari Selasa dan kembali ke Israel.

Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs mengatakan Amerika “sangat menyesalkan” jatuhnya korban. Gibbs juga mengatakan pemerintahan Obama saat ini tengah mempelajari keadaan sekitar tragedi ini.


XS
SM
MD
LG