Tautan-tautan Akses

DK PBB Sepakati Sanksi Lebih Keras terhadap Korea Utara


Dalam voting DK PBB hari Selasa (22/1), ke-15 anggota DK sepakat untuk menerapkan sanksi lebih keras atas Korea Utara.
Dalam voting DK PBB hari Selasa (22/1), ke-15 anggota DK sepakat untuk menerapkan sanksi lebih keras atas Korea Utara.

Ke-15 negara anggota Dewan Keamanan PBB hari Selasa (22/1) dengan suara bulat memutuskan untuk mengutuk peluncuran roket Korea Utara dan menerapkan sanksi lebih ketat atas Pyongyang.

Dewan Keamanan PBB memerintahkan sanksi lebih keras terhadap Korea Utara terkait peluncuran roket bulan Desember, yang disambut Pyongyang dengan isyarat bahwa negara itu akan melakukan ujicoba nuklir lagi.

Ke-15 negara anggota Dewan Keamanan hari Selasa dengan suara bulat memutuskan untuk mengutuk peluncuran roket itu yang mereka sebut sebagai ujicoba misil balistik yang dilarang Dewan Keamanan. Dewan Keamanan juga mengancam akan mengambil tindakan signifikan jika Pyongyang melakukan peluncuran roket atau ujicoba nuklir lagi.

Korea Utara segera menanggapi dengan mengatakan, tidak mau lagi berdialog mengenai de-nuklirisasi, dan akan meningkatkan kemampuan penangkalan nuklirnya, pernyataan yang ditafsirkan banyak pihak sebagai ancaman untuk melakukan ujicoba nuklir lagi.

Pyongyang telah dua kali melakukan ujicoba nuklir setelah Dewan Keamanan PBB memberlakukan sanksi terkait peluncuran roket jarak jauh. Foto-foto satelit terbaru menunjukkan bahwa Pyongyang sedang menyiapkan ujicoba nuklir ketiga.

Recommended

XS
SM
MD
LG