Tautan-tautan Akses

DK PBB Puji Irak atas Lancarnya Pemilu


Dewan Keamanan yang beranggotakan 15 negara itu juga mengucapkan selamat kepada rakyat Irak karena menunjukkan tekad yang tetap untuk menjalankan proses politik dengan damai, inklusif dan demokratis.

Dewan Keamanan PBB menyatakan penghargaan atas pemilu legislatif Irak sebagai satu lagi langkah penting untuk memperkuat persatuan nasional dan kemerdekaan negara itu.

Dewan keamanan yang beranggotakan 15 negara itu juga mengucapkan selamat kepada rakyat Irak karena menunjukkan tekad yang tetap untuk menjalankan proses politik dengan damai, inklusif dan demokratis.

Pernyataan dewan itu hari Senin dikeluarkan sementara pejabat pemilu Irak menghitung suara hasil pemilu legislatif hari Minggu. Hasil sementara memperebutkan 325 kursi parlemen itu diperkirakan akan dikeluarkan dalam beberapa hari mendatang.

Pemilih di Baghdad, Yahya Karim, mengatakan rakyat bersemangat memilih, untuk menyatakan pendapat, dan itu merupakan pernyataan demokrasi.

Lebih dari 6000 calon dari partai-partai dan koalisi bersaing dalam pemilu itu. Tidak ada faksi diperkirakan akan memenangkan mayoritas dengan langsung, dan pembinaan koalisi untuk membentuk pemerintah baru dapat memakan waktu berbulan-bulan.

Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki berharap akan mempertahankan kekuasaan faksinya yang dipimpin Shiah. Ia menghadapi tantangan dari mantan sekutunya faksi Shiah dan faksi Shiah-Sunni sekuler Irak, yang dipimpin oleh mantan Perdana Menteri Iyad Allawi.

XS
SM
MD
LG