Tautan-tautan Akses

DK PBB Kutuk Serangan Ekstrimis Terhadap Kamp PBB di Mali


Pasukan Penjaga Keamanan PBB mengikuti upacara upacara di Markas Besar MINUSMA di Bamako, Mali, 27 September 2017. (Foto: dok).
Pasukan Penjaga Keamanan PBB mengikuti upacara upacara di Markas Besar MINUSMA di Bamako, Mali, 27 September 2017. (Foto: dok).

Dewan Keamanan PBB mengutuk keras serangan maut ekstrimis hari Sabtu (14/4) terhadap kamp militer PBB di Mali utara.

Seorang penjaga perdamaian PBB dari Burkina Faso tewas dalam serangan terhadap kamp di Timbuktu itu, dan sejumlah orang luka-luka, termasuk tujuh tentara Perancis.

Associated Press melaporkan 15 dari penyerang tewas dalam serangan balasan.

Tentara Perancis mengatakan serangan itu “sangat canggih dan licik,” dan sebagian penyerang memasuki kamp itu dengan menyamar sebagai penjaga perdamaian dari misi PBB bernama MINUSMA.

Pimpinan MINUSMA Mahamat Saleh Annadif mengatakan dalam pernyataan bahwa “serangan ini menggambarkan lagi “pengecutnya kelompok-kelompok teroris menghadapi PBB dan mitra-mitranya yang terus menentang teroris dengan tekad yang tidak kendur.”

Dewan Keamanan dalam pernyataan yang dikeluarkan hari Minggu (15/4), menyerukan kepada Mali agar dengan segera menyelidiki serangan itu dan menyeret para pelakunya ke pengadilan. [gp]

Recommended

XS
SM
MD
LG