Tautan-tautan Akses

DK PBB Adakan Pemungutan Suara, Perbarui Penyelidikan Senjata Kimia Suriah


Sidang Dewan Keamanan PBB (Foto: dok).

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akan mengadakan pemungutan suara Kamis ini mengenai usulan terpisah Amerika dan Rusia untuk memperpanjang mandat badan yang dibentuk untuk menyelidiki serangan senjata kimia di Suriah.

Otorisasi untuk Mekanisme Investigasi Gabungan (JIM) akan berakhir pada akhir hari Kamis ini kecuali diperbaharui.

Misi Amerika untuk PBB menyerukan pemungutan suara atas usulannya, yang seperti rencana Rusia akan memperpanjang JIM selama satu tahun. Teks Amerika mengimbau agar para pakar JIM melanjutkan investigasi mereka “dengan cara yang mereka anggap tepat.”

“Amerika Serikat berharap Dewan Keamanan akan bersatu dalam menghadapi penggunaan senjata kimia terhadap warga sipil dan memperpanjang pekerjaan kelompok penting ini,” kata misi Amerika. “Tidak melakukan hal itu hanya akan memberikan persetujuan atas kekejaman tersebut sementara secara tragis membuat rakyat Suriah menderita karena tindakan tercela ini.”

Kelompok itu memulai pekerjaannya dua tahun lalu, dan telah mengeluarkan beberapa laporan yang menemukan bahwa pemerintah Suriah bertanggung jawab atas penggunaan senjata kimia, termasuk dalam serangan gas sarin di Khan Sheikhoun bulan April lalu.

Rusia sangat mengkritisi kesimpulan tersebut, dan proposalnya menyampaikan seruan agar JIM mengunjungi Khan Sheikhoun dan mengevaluasi kembali temuannya tentang apa yang terjadi di sana. [lt]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG