Tautan-tautan Akses

Distrik di Thailand Gelar Vaksinasi COVID-19 Berhadiah Sapi


Seorang petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 ke seorang biksu Buddha di sebuah rumah sakit di Bangkok, Thailand, 19 Mei 2021. (Foto: Soe Zeya Tun/Reuters)
Seorang petugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 ke seorang biksu Buddha di sebuah rumah sakit di Bangkok, Thailand, 19 Mei 2021. (Foto: Soe Zeya Tun/Reuters)

Sebuah distrik di utara Thailand meluncurkan undian berhadiah bagi warga yang telah divaksin COVID-19 untuk memenangkan seekor sapi setiap minggunya hingga akhir tahun ini, sebagai upaya untuk mendorong gerakan vaksinasi lokal.

Mulai bulan depan, satu orang yang beruntung di distrik Mae Chaem di Provinsi Chiang Mai akan dipilih secara acak tiap minggu untuk memenangkan seekor sapi muda senilai 10.000 baht atau sekitar Rp 4,5 juta.

Kampanye, yang direncanakan berlangsung 24 minggu, mendapat antusiasme tinggi di kota berpenduduk 43 ribu jiwa itu sejak diumumkan awal pekan ini.

“Jumlah pendaftar vaksinasi meningkat dari ratusan ke ribuan hanya dalam hitungan hari,” kata kepala distrik Boonlue Thamtharanurak kepada Reuters.

“Warga desa sangat suka sapi karena sapi dapat dijual kembali.”

Boonlue mengatakan lebih dari 4.000 orang dari kelompok prioritas, termasuk lansia berusia lebih dari 60 tahun dan mereka dengan kondisi khusus, sudah terdaftar untuk divaksin.

Kota itu akan memulai vaksinasi pada 7 Juni, bertepatan dengan peluncuran gerakan vaksinasi nasional dari pemerintah.

Provinsi-provinsi lain di Thailand juga membuat kampanye kreatif serupa untuk mendorong warganya mendaftar vaksinasi, seperti misalnya hadiah kalung emas, kupon potongan harga, atau uang tunai.

Sejauh ini, sedikitnya 1,64 juta penduduk dari total 66 juta populasi di Thailand telah menerima vaksinasi tahap pertama dan lebih dari 7 juta lainnya telah mendaftarkan diri.

Thailand menghadapi wabah virus Corona terbesar, dengan 119.585 kasus dan 703 kematian dalam dua bulan terakhir. [er/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG